Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

11 Contoh Bisnis Digital Di Indonesia Yang Paling Menjanjikan

11 Contoh Bisnis Digital Di Indonesia Yang Paling Menjanjikan

Contoh Bisnis Digital Di Indonesia - Perkembangan bisnis digital di Indonesia pada saat ini begitu pesat sehingga menuntut setiap pemilik bisnis untuk dapat beradaptasi dan menemukan peluang baru untuk pertumbuhan bisnis. Yuk kenali apa itu bisnis digital, contoh bisnis digital di Indonesia, dan peluang yang bisa Anda manfaatkan di era digital seperti sekarang.

Apa Itu Bisnis Digital?

Bisnis digital tidak hanya berkaitan dengan penjualan produk tanpa wujudnya, seperti software. Namun, bisnis digital juga tidak hanya tentang sebuah produk fisik yang diproduksi dalam bentuk digital seperti ebook. Jadi, bisnis digital adalah segala jenis bisnis yang penjualan produknya dilakukan secara online, baik itu melalui website atau aplikasi, salah satu contohnya adalah e-commerce.

Menurut Mendag, ekonomi digital akan tumbuh hingga delapan kali lipat dari Rp. 632 triliun menjadi Rp. 4.531 triliun. E-commerce akan memainkan peran yang sangat besar yaitu 34% atau setara dengan Rp. 1900 triliun. Dalam perkembangannya, banyak contoh bisnis digital yang terbukti mempunyai omset yang sangat menggiurkan. 

Contoh Bisnis Digital Di Indonesia

Berikut ini kami akan membagikan Contoh Bisnis Digital Di Indonesia yang bisa Anda coba dan ikuti, simak ya !

1. Berjualan Di E-Commerce Atau Marketplace

E-commerce adalah distribusi, penjualan, pembelian, dan marketing barang atau jasa yang mengandalkan sistem elektronik, seperti internet, TV, atau jaringan teknologi lainnya. Sedangkan Marketplace adalah sebuah platform yang bertugas sebagai perantara antara penjual dan pembeli untuk memproses transaksi produk secara online.

Marketplace atau pasar online juga menyediakan beberapa fasilitas seperti metode pembayaran, estimasi pengiriman, pemilihan produk berdasarkan kategori, dan fitur lainnya. Seringkali, orang menyamakan bahwa e-commerce adalah pasar. Padahal mereka adalah dua hal yang berbeda. Marketplace sendiri merupakan salah satu model e-commerce.

2. Bisnis Afiliasi Melalui Affiliate Marketing

Afiliasi merupakan kegiatan memasarkan barang atau jasa orang lain, baik perorangan maupun perusahaan dengan imbalan komisi. Jika Anda ingin mencoba beberapa macam bisnis digital, maka bisnis afiliasi bisa menjadi ide bisnis online yang menjanjikan saat ini.

Caranya juga cukup mudah, dimana Anda hanya perlu mendaftar di program afiliasi kemudian mendapatkan kode referral atau link khusus. Selanjutnya, Anda dapat memasarkan produk tersebut di berbagai media seperti media sosial dan website.

3. Menjadi Konsultan Bisnis & Digital Marketing

Konsultan digital marketing adalah profesional yang sangat terampil dengan pelatihan khusus dalam marketing online. Konsultan marketing digital mempelajari model bisnis dari perusahaan untuk mempertimbangkan potensi pasar yang ada.

Kemudian mereka akan merumuskan strategi marketing yang harus berhasil untuk merek, memungkinkan untuk mencapai tujuan klien marketing digital mereka.

4. Menjadi Influencer & Content Creator (Blogger, Youtuber, Podcaster)

Menjadi pembuat konten YouTube & Podcaster sangat memungkinkan karena sekarang setiap orang memiliki smartphone yang digunakan untuk merekam konten. Menjadi YouTuber & Podcaster memiliki peluang sukses yang besar. Kuncinya adalah selalu konsisten dalam memberikan suatu konten yang menarik dan bermanfaat bagi banyak orang.

5. Bisnis Online Learning & Online Teaching (Online Course)

Menjadi Online Learning & Online Teaching merupakan hal menarik yang bisa dilakukan dengan skill di bidang digital, hal ini dapat mendatangkan banyak keuntungan yang menjanjikan. Aspek yang bisa dijadikan Online Learning & Online Teaching antara lain mengajar kelas bahasa asing, desain grafis, kelas menulis dan lain-lain.

6. Pembuatan Website, Microsite, Dan Landing Page (Web Development)

Di era digital seperti sekarang ini, mempunyai website profesional merupakan kebutuhan mutlak bagi setiap usaha bisnis. Situs web yang hebat dapat secara bersamaan beroperasi sebagai alat marketing, platform toko, portofolio, saluran komunikasi, dan untuk meningkatkan merek.

7. Pembuatan Aplikasi Mobile (App Development)

Aplikasi mobile merupakan aplikasi yang dikembangkan untuk smartphone, tablet dan lain-lain. Perangkat lunak aplikasi merupakan suatu hasil dari pemrograman mobile yang dirancang dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Ada banyak keuntungan menggunakan aplikasi seluler.

8. Menjadi Reseller & Dropshipper

Dropship merupakan bisnis digital yang memungkinkan Anda menjual suatu produk tanpa memikirkan gudang dan pengiriman barang. Jadi, Anda cukup mengandalkan kemampuan menjual Anda saja. Inilah yang paling membedakan antara dropship dengan reseller.  

Selain itu, dropship juga berbeda dengan afiliasi. Pada bisnis affiliasi, tugas Anda adalah seorang marketer yang menawarkan suatu produk, di bisnis dropship, Anda benar-benar menjual barang tersebut dan menerima uang dari pembeli. 

Keuntungan dari bisnis dropship berasal dari selisih uang yang Anda terima dari pembeli dengan jumlah uang yang Anda bayarkan kepada produsen barang. Satu hal yang paling unik dari dropship yaitu produsen lah yang bertugas mengirimkan barang kepada konsumen. 

Singkatnya, dropshipper bertugas sebagai sebuah penghubung antara penjual dan pembeli barang. Alasan dropshipp dapat menjadi bisnis digital yang menarik adalah Anda bisa memulainya tanpa modal dan menentukan sendiri produk apa yang ingin Anda jual.

Peluang bisnis sebagai seorang reseller ataupun dropshipper memang sudah ada sejak lama. Namun kini, Anda sudah dipermudah untuk berkomunikasi dengan pelanggan ataupun supplier di dunia digital. Anda bisa dengan mudah membangun bisnis digital hanya bermodalkan smartphone, lalu produk-produk tersebut dipromosikan di internet baik dengan teknik organik ataupun berbayar.

9. Bisnis Agensi, Manajemen, Dan Pekerja Lepas (Freelancer)

Menjadi seorang pekerja lepas memang butuh usaha ekstra, apalagi ketika dalam tahap mencari seorang klien. Namun, Anda bisa mengembangkan sistem lebih dari sebelumnya dengan membentuk sebuah agensi. Anda bisa menawarkan jasa di bawah naungan nama agensi tersebut. 

Selain itu, klien juga akan lebih percaya karena mereka akan bekerja sama dengan sekumpulan orang yang memang mempunyai keterampilan di bidangnya masing-masing. Contoh dari ide bisnis digital ini yaitu agensi pembuatan website, agensi pembuatan konten digital, manajemen influencer lokal maupun nasional, dan sebagainya.

10. Bisnis Jasa Joki Game Online

Industri game khususnya game online sudah berkembang sangat pesat berkat kehadiran internet. Mulai dari game yang berbasis PC yang bisa diakses melalui komputer & laptop, dan juga game yang dapat dengan mudah diakses melalui smartphone. Untuk Anda yang hobi bermain game, mungkin menjadi joki bisa menjadi salah satu peluang bisnis online yang menjanjikan saat ini.

Namun, tidak hanya sekadar untuk bermain, Anda bisa membuat mengelola sistemnya sehingga menjadi sebuah bisnis. Contohnya, Anda bisa merekrut beberapa pemain game online yang hebat, lalu Anda membuka jasa joki game online tersebut dengan skema pembayaran sesuai kesepakatan.

11. Bisnis White Label Product (Produk Fisik & Digital)

Sebagian dari kita mungkin masih bingung apa itu istilah dari “White Label“. White Label merupakan skema di mana perusahaan dapat memberikan merek dagangnya pada suatu produk yang diproduksi massal oleh perusahaan manufaktur. Sederhananya, perusahaan manufaktur memproduksi dan menjual barang jadi yang belum dipasang merek. 

Nah, Anda sebagai pemilik bisnis dapat membeli produk tersebut dalam jumlah banyak, kemudian mem-branding dengan nama bisnismu. Contoh produknya yang biasa kita temukan seperti tumbler, kaos, kotak makanan, dan sebagainya. Ide bisnis ini sangat bisa sekali Anda jalankan, karena sekarang sudah banyak sekali produk-produk white label di pasaran.

Kesimpulan

Terdapat berbagai Contoh Bisnis Digital Di Indonesia yang dapat kamu manfaatkan untuk memulai sebuah bisnis. Bisnis digital di atas merupakan peluang bisnis online yang dapat di jalankan hanya dari rumah saja. Selain itu, contoh bisnis digital di Indonesia yang sudah kami bahas, semoga dapat bermanfaat dan dapat di jadikan referensi untuk Anda yang mau memulai bisnis digital.