Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

7 Cara Usaha Ternak Lele Pemula Yang Benar

7 Cara Usaha Ternak Lele Pemula Yang Benar

Usaha Ternak Lele Pemula - Saat ini banyak sekali orang yang usaha ternak lele. Pasalnya budidaya ikan lele tidak membutuhkan modal yang besar, tapi bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan besar. Selain itu usaha ternak lele ini tergolong mudah serta tidak membutuhkan banyak pengalaman untuk membudidayakan ikan lele.

Maka dari itu, bisnis ternak lele menjadi sangat potensial. Hal ini di sebabkan karena permintaan pasar yang tinggi untuk ikan lele. Jika di bandingkan dengan budidaya ikan yang lain, ikan lele mempunyai keunggulan karena beberapa hal. Salah satunya ya karena permintaan pasar yang cukup tinggi ini, serta ikan lele merupakan jenis ikan yang bandel dan mudah dalam perawatannya.

Usaha ternak lele pemula bisa kamu terapkan sendiri dengan memanfaatkan pekarangan rumah yang kosong. Dan bisnis ternak lele hanya membutuhkan modal kecil, hal ini bisa kita lihat dari berbagai kebutuhan untuk budidaya serta kebutuhan dalam bisnis ternak lele setiap bulannya. Apabila di total, budidaya ikan lele hanya membutuhkan modal sekitar 2 jutaan saja.

Contohnya, jika kamu akan memulai usaha ternak lele tentunya membutuhkan 2 terpal dengan ukuran besar seharga 600 ribuan. Lalu untuk bagian luarnya, kamu akan membutuhkan bambu sebagai kerangka seharga 300 ribuan. Untuk kebutuhan lainnya, misal seperti paku, kawat dan lainnya anggap saja habis 100 ribuan. Jika di total semuanya pembuatan kolam untuk usaha ternak lele adalah 1 jutaan saja.

Cara Usaha Ternak Lele Pemula

Sudah di jelaskan diatas tentang besaran modal untuk usaha ternak lele, selanjutnya kamu harus bisa memahami cara pemeliharaannya. Bisnis ternak lele dapat di lakukan walaupun oleh pemula sekalipun, pasalnya budidaya ikan lele merupakan budidaya ikan yang paling mudah. Namun, hal ini akan sia-sia jika kamu tidak memahami cara pemeliharaanya. Berikut kami akan memberikan pemahaman untuk memelihara serta cara usaha ternak lele pemula. 

1. Memilih bibit yang unggul

Hal yang pertama untuk cara usaha ternak lele pemula adalah memilih bibit ikan lele yang unggul. Terdapat ciri-ciri pejantan lele yang berkualitas, seperti kepala lele cenderung pipih, berwarna hitam pekat, bentuk perutnya ramping dan gerakan lebih lincah.

Lalu untuk betinanya ciri paling utama yaitu bentuk perutnya yang lebih besar di bandingkan dengan ukuran punggung, gerakan lebih lambat, dan kepala yang lebih cembung. Selain itu, kelamin ikan lele betina juga cenderung lebih bulat di bandingkan kelamin jantan yang lebih runcing. Pastikan, untuk memilih bibit ikan lele seperti ciri-ciri di atas dalam membelinya.

2. Siapkan lahan luas

Kamu bisa manfaatkan pekarangan samping atau belakang rumah yang kosong untuk usaha ternak lele. Atau bisa juga menyewa lahan kosong tetangga untuk membuat kolam terpal nantinya. Dengan begitu, kamu bisa leluasa dalam membudidayakan ikan lele tersebut.

3. Membuat kolam ikan lele

Jika lahan sudah siap, kini saatnya kamu untuk membuat kolamnya. Bentuklah kolam persegi panjang atau bulat serta berdiri dengan tegak. Kamu bisa membuatnya dengan kerangka bambu, susunan batu bata atau jika punya modal yang lebih kamu dapat membeli besi sebagai pengganjalnya agar lebih kuat dan tahan lama. Setelah itu, isilah kolam terpal dengan air sampai penuh.

Untuk dapat usaha ternak lele pemula, kamu juga harus menjaga suhu air di dalam kolam terpal tersebut. Cara yang efisien untuk dapat menjaga suhu airnya adalah dengan memastikan air kolam tidak dangkal, serta cukup terkena sinar matahari.

Bila perlu tambahkanlah jenis tanaman seperti eceng gondok atau talas, hal ini di lakukan agar racun di dalam kolam dapat di serap oleh tanaman tersebut. Dan bisa juga sebagai tempat berteduh ikan lele nantinya.

4. Pindahkan benih ke tempat khusus

Jika bibit ikan lele berkembang biak tentunya hal ini akan melahirkan benih-benih ikan lele. Nah, jika hal ini terjari kamu wajib memindahkan benih tersebut ke tempat khusus supaya dapat berkembang dan tumbuh dengan baik.

Jika benih mulai tumbuh lumayan besar, baru kamu pindahkan lagi ke kolam utama. Tapi jangan langsung di serok dengan jaring, namun kamu dapat menggunakan ember untuk memindahkan benih tersebut. Hal ini di lakukan agar benih ikan lele tidak stress dan mati.

5. Menyebar benih ikan lele

Jika kolam siap serta sudah terisi air yang bersih, sekarang saatnya kamu menyebar benih-benih ikan lelenya. Untuk proses penyebarannya, jangan menyebarkan benih secara langsung. Caranya adalah masukan dahulu benih ke dalam wadah seperti ember, lalu celupkan ember ke dalam air kolam tersebut secara perlahan, biarkan benih ikan lele keluar sendiri dari ember.

Lakukanlah proses ini secara berulang sesuai banyaknya benih yang kamu sebar, baiknya kamu melakukan penyebaran benih ikan lele saat suhu air dalam keadaan bagus. Seperti di pagi atau malam hari, hal ini di lakukan agar benih tersebut dapat berkembang dengan baik.

6. Rutin memberi pakan

Cara usaha ternak lele pemula selanjutnya adalah rutinlah memberi pakan ikan lele sebanyak 3 kali dalam sehari. Misalnya pada jam 08.00, 16.00 dan 21.00, jika masih ada ikan lele yang mendengakkan kepalanya ke atas kamu bisa menambahkan porsi makannya. Tapi ingat, jangan berlebihan memberi pakan, karena hal ini bisa menyebabkan penyakit kepada ikan lele tersebut. 

7. Mulai panen

Setelah mengikut langkah-langkah di atas, kini saatnya kamu memasuki masa panen. Nah, biasanya ikan lele dapat di panen ketika sudah di pelihara dalam kurun waktu 3 hingga 4 bulan. Hal ini bisa di lihat dari bentuk fisiknya, jika sudah berukuran 8 sampai 12 cm berarti ikan lele sudah siap di panen.

Karena ukuran tersebut merupakan ukuran ideal yang di jual belikan di pasaran, selain itu tanda ikan lele sudah siap di panen lainnya adalah dengan berubahnya warna air pada kolam. Biasanya air akan berubah warna dari hijau lumut menjadi kemerahan saat ikan lele siap di panen.

Keuntungan Usaha Ternak Lele

Budidaya ikan lele memiliki keuntungan serta kemudahan karena benih lele sendiri mudah untuk di dapatkan dan mudah perawatannya dibandingkan budidaya ikan jenis yang lain. Ikan lele merupakan salah satu ikan yang banyak diminati karena memiliki nutrisi tinggi yang baik untuk dikonsumsi serta bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Berikut keuntungan jika kamu usaha ternak lele, simak ya !

1. Bibit mudah di dapatkan

Untuk mendapatkan bibit ikan lele sangatlah mudah, banyak penjual yang menjual bibit ikan lele berkualitas di pasaran. Faktor inilah yang membuat banyak orang melakukan usaha ternak lele. Kamu pun bisa mendapatkan bibit ikan lele dengan harga yang terjangkau serta berpeluang mendapatkan hasil yang lumayan besar setelah panen nantinya.

2. Ikan mudah adaptasi

Ikan lele merupakan jenis ikan yang mudah beradaptasi dengan kondisi air di lingkungan sekitarnya. Nah, faktor inilah yang membuat para pebisnis ternak lele mudah dalam pemeliharaan serta mudah dalam pengelolaan kolamnya.

3. Perawatan ikan mudah

Usaha ternak lele tergolong usaha yang mudah dalam hal apapun. Pasalnya, ikan jenis ini dapat bertahan hidup di mana saja mulai dari, di kolam terpal yang airnya keruh, ataupun kolam tanah sekalipun. 

Nah, hal ini tentunya dapat memudahkan kamu dalam hal perawatannya. Kamu hanya perlu rutin memberi makan dan jangan sampai ikan lele tersebut kelaparan, agar bisa bertahan hidup sampai masa panen.

4. Pasar luas

Di Indonesia ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang paling banyak peminatnya. Karena, selain rasanya yang enak, harga ikan lele juga terjangkau. Maka tak heran jika permintaan ikan lele selalu banyak di banding dengan ikan jenis lainnya, seperti ikan mas dan ikan nila.

Kamu pastinya sudah tahu bukan? kalau hidangan ikan lele bisa kita temui di berbagai warung pinggir jalanan dan bahkan sampai restoran besar. Karena memiliki pasar yang luas inilah, kamu bisa memulai untuk usaha ternak lele.

5. Masa panen cepat

Di banding dengan ikan jenis lainnya, ikan lele merupakan jenis ikan yang memiliki masa panen yang cepat. Hanya dengan waktu 3 hingga 4 bulanan saja kamu sudah bisa memanen ikan lele untuk di jual. Hal ini tentunya akan menguntungkan dalam usaha, karena kamu bisa memutarkan uangnya kembali dan tentunya mendapatkan keuntungan dari hasil panen tersebut.

Kesimpulan

Bagaimana, apakah kamu berminat untuk usaha ternak lele? Di atas sudah di jelaskan cara budidaya serta keuntungan jika kamu usaha ternak lele. Jangan khawatir langkah-langkah di atas bisa kamu terapkan, walaupun kamu usaha ternak lele pemula sekalipun. Mungkin itu saja yang dapat kami tulis, semoga artikel ini dapat membantu kamu yang mau memulai usaha ternak lele.