Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

9 Cara Berbisnis Frozen Food Agar Laris Dan Sukses

9 Cara Berbisnis Frozen Food Agar Laris Dan Sukses !

Berbisnis Frozen Food - Makanan beku atau biasa di sebut frozen food adalah sebuah inovasi bisnis makanan terkini yang mempunyai peminat banyak. Kamu pun bisa memulai berbisnis frozen food dari rumah, dengan cara promosi melalui media online. 

Berbisnis frozen food memiliki banyak keunggulan, di antaranya adalah mudah dalam pengolahannya, ketahanan makanan yang cukup lama serta penyimpanan mudah. Hal ini, dapat menjadi ide bisnis yang bagus, apalagi saat ini frozen food banyak di gemari oleh masyarakat di berbagai daerah.

Di tambah lagi banyak berbagai jenis makanan frozen food saat ini, di antaranya yaitu kentang, ikan, nugget, sosis, bakso, siomay, risol dan masih banyak lainnya. Oh ya sebelum kami memberikan tips dan cara berbisnis frozen food pastikan kamu sudah mengetahui apa itu frozen food.

Frozen food merupakan makanan yang sudah di olah, kemudian di simpan dalam keadaan beku agar dapat memperpanjang masa simpan dan kadaluarsa produk tersebut. Usaha frozen food dapat di lakukan dari rumah, dan jika di kelola dengan sungguh-sungguh kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan besar.

Berbisnis frozen food bisa di katakan cocok buat ibu rumah tangga. Pasalnya, bisnis frozen food identik dengan wanita yang suka ngemil dan mempunyai jiwa marketing yang tinggi. Namun, jangan anggap mudah dan remeh dalam berbisnis, kamu harus menggunakan strategi marketing yang jitu agar bisnis yang sedang kamu jalani dapat berjalan lancar dan sukses.

Cara Berbisnis Frozen Food

Jika kamu tertarik berbisnis frozen food, berikut tips dan cara untuk usaha frozen food, simak ya.

1. Siapkan modal

Hal yang pertama untuk memulai bisnis adalah modal. Begitu juga jika kamu ingin memulai berbisnis frozen food, tentunya kamu perlu menyiapkan modal yang cukup. Untuk dapat menentukan modal, kamu perlu memperhitungkan secara rinci keperluan dalam berbisnis frozen food.

Berikut beberapa keperluan yang perlu kamu siapkan untuk dapat berbisnis frozen food.

  • Freezer atau lemari pembeku
  • Alat vakum kemasan
  • Alat press kemasan
  • Grosir makanan beku
  • Biaya operasional seperti biaya pengiriman, tagihan listrik dan lainnya
  • Biaya promosi

Tidak perlu membeli bahan serta peralatan yang langsung banyak di awal, sesuaikan sesuai kemampuan dan modal yang kamu miliki. Apabila kamu tidak memiliki cukup modal, kamu bisa meminjam dahulu ke bank atau koperasi terdekat. Dan jika tidak ingin mempunyai hutang di bank sebaiknya kamu kumpulkan modal dahulu, agar bisa memulai berbisnis frozen food.

2. Tentukan produk yang akan di jual

Jika sudah cukup modal, selanjutnya kamu perlu menentukan produk yang akan di jual dalam bisnis frozen food. Terdapat banyak macam jenis produk frozen food seperti sosis, bakso, nugget, tempura, fish stick, risol dan lainnya. Silakan kamu pilih dan tentukan jenis produk seperti apa yang akan kamu jual.

Untuk berbisnis frozen food, sebaiknya lakukan survey terlebih dahulu untuk memilih jenis produk apa yang laris manis di pasaran. Jangan sampai salah pilih, karena nantinya akan membuat bisnismu tidak berjalan secara lancar.

Selain itu, kamu juga perlu mempelajari cara penyajiannya, misalnya seperti bahan baku yang di perlukan, cara membekukan makanan dan lainnya. Setiap produk dan jenis frozen food pasti mempunyai cara pengolahan dan penyajian yang berbeda-beda, maka dari itu kamu harus memperlajari hal ini secara mendalam sebelum memulai berbisnis frozen food.

3. Siapkan peralatan

Untuk dapat berbisnis frozen food tentunya kamu membutuhkan peralatan. Nah, di poin sebelumnya sudah di sebutkan beberapa peralatan yang harus di siapkan sesuai dengan modal yang di miliki. Jika kamu cuma menjual frozen food yang sudah di kemas oleh pabrik, maka satu-satunya peralatan yang kamu butuhkan adalah freezer.

Dan jika kamu berniat ingin mengolah sendiri bahan makanan menjadi frozen food, maka peralatan yang kamu butuhkan pun menjadi lebih banyak. Setidaknya kamu perlu alat penggilingan, alat press, alat vakum dan lainnya yang di butuhkan sesuai jenis produk yang sudah kamu pilih.

4. Gunakan strategi marketing

Agar bisnis frozen food yang kamu bangun sukses dan lancar, tentunya kamu membuthkan strategi marketing yang jitu. Kamu bisa memasarkan produk frozen food melalui mulut ke mulut, media sosial atau bisa menitipkan ke toko kelontong terdekat.

Menggunakan strategi marketing online untuk memasarkan bisnis frozen food sangatlah penting. Karena saat ini semuanya serba online, kamu bisa memulai memasarkan produk melalui sosial media seperti facebook, instagram, tiktok, twitter dan lainnya. Atau bisa juga mengiklankan di jasa pengiklanan seperti google, tiktok, dan facebook. Selain itu, kamu dapat mencoba meng-endors selebgram agar produkmu semakin di kenal dan tentunya hal ini dapat meningkatkan penjualan produk frozen foodmu.

5. Metode pengemasan produk

Dalam bisnis, pengemasan merupakan suatu hal yang penting, karena hal ini dapat mempengaruhi ketahan serta kualitas makanan. Maka dari itu, pastikan kamu menggunakan bahan plastik khusus yang tidak memiliki celah. Frozen food harus menggunakan kemasan yang tertutup serta kedap udara. Hal ini bertujuan agar bakteri atau benda asing masuk ke dalam makanan serta agar ketahan produk terjaga dengan baik. 

6. Berikan nilai tambah produk

Agar bisnis frozen food yang kamu miliki mampu bersaing dengan kompetitor, kamu perlu memberikan suatu nilai tambah tersendiri yang tidak di miliki oleh kompetitor. Misalnya, berikan kemasan yang bagus dan rapih, pelayanan ramah, isi produk di tambah dan hal lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa mencari kekurangan pada produk kompetitor, lalu buatlah kekurangan tersebut sebagai nilai tambah pada produkmu sendiri. Hal ini, cukup efektif untuk menarik calon pembeli agar berlangganan kepada bisnis frozen foodmu.

7. Jual produk di Online

Kamu dapat menjual produk frozen food secara online. Karena saat ini, banyak pelaku bisnis yang menjual produk atau barangnya secara online. Selain mudah, menjual produk secara online dapat menjangkau lebih banyak pembeli.

Apabila kamu berniat menjual produk secara online, kamu dapat memanfaatkan berbagai situs toko online seperti tokopedia, lazada, shoope dan lainnya. Selain itu, kamu juga dapat memasarkan serta menjual produk di berbagai media sosial seperti facebook, instagram, tiktok dan lainnya.

8. Gunakan jasa kirim instan

Frozen food atau makanan beku harus di kirim dengan cepat, agar kualitas serta ketahanannya tetap terjaga utuh. Maka dari itu, kamu perlu menggunakan jasa pengiriman instan. Jika jaraknya jauh, kamu dapat menggunakan box yang berisi es balok agar produk sampai tetap dalam kondisi yang segar dan kualitasnya terjaga.

9. Tambah jaringan

Cara berbisnis frozen food yang terahir adalah menambah jaringan bisnis. Cobalah menawarkan produk frozen foodmu kepada minimarket terdekat. Dan tentunya, produkmu mampu bersaing dengan produk kompetitor yang sudah terlebih dahulu masuk ke minimarket tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa menawarkan produk kepada jaringan pertemanan atau tetangga di daerahmu. Hal ini dapat menjadi daya tarik tersendiri, serta kepercayaan mereka kepadamu. Karena kamu sendirilah yang membuat dan mengolahnya, tentunya teman dan tetanggamu akan percaya bahwa produk frozen foodmu berkualitas baik.

Keuntungan Berbisnis Frozen Food

Peluang usaha frozen food bisa di bilang memiliki prospek yang bagus dan cerah. Pasalnya setiap manusia pasti membutuhkan makanan. Apalagi, frozen food adalah makanan beku yang memiliki ketahanan yang cukup lama. Terdapat keuntungan jika kamu berbisnis frozen food, berikut ulasannya.

1. Tanpa pengawet

Para orang tua tentunya akan lebih memilih produk tanpa pengawet untuk di berikan kepada anaknya. Nah, ini bisa menjadi peluang serta keuntungan dalam berbisnis frozen food.

Selain itu, masyarakat Indonesia pastinya suka dengan makanan instan, tapi kamu tidak boleh mengesampingkan kesehatan. Maka dari itu, kamu bisa menawarkan produk frozen foodmu yang tanpa pengawet kepada masyarakat di daerahmu sendiri.

2. Frozen food praktis

Selain tanpa pengawet, frozen food juga praktis. Pasalnya, untuk menyajikan frozen food hanya perlu menghangatkan saja, hal ini dapat menjadi praktis di banding dengan memasak olahan sendiri. Apalagi saat ini banyak orang yang suka dengan makanan serba praktis, berbisnis frozen food adalah pilihan yang tepat jika di lihat dari kepraktisannya. 

Kesimpulan

Mungkin itu saja yang dapat kami tulis, semoga tips dan Cara Berbisnis Frozen Food bisa membantu kamu yang ingin memulai sebuah usaha. Cobalah untuk menerapkan tips dan cara di atas, agar bisnis frozen food dapat sukses dan berjalan dengan baik.