Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Inilah 9 Usaha Sampingan Di Desa Yang Menguntungkan

Inilah 7 Usaha Sampingan Di Desa Yang Menguntungkan

Usaha Sampingan Di Desa - Bagi kamu yang tinggal di desa namun ingin memulai usaha, jangan khawatir, karena ada banyak macam usaha sampingan di desa yang bisa kamu lakukan. Dengan modal kecil saja kamu sudah bisa memulai usaha walaupun hidup di desa.

Kunci utama untuk memulai sebuah usaha adalah niat dan yakin bahwa usaha kamu akan membuahkan hasil. Serta minta dukungan kepada orang tua dan saudara untuk mendukung bisnis atau usaha yang sedang kamu jalani.

Usaha sampingan di desa sebenarnya tidak kalah dengan yang ada di kota, namun hanya saja kurang branding atau di kenal banyak orang karena faktor wilayah. Tidak usah khawatir, selagi usaha sampingan yang kamu jalani menghasilkan, kenapa tidak? Tetaplah fokus untuk mengembangkan usaha yang sedang kamu jalani.

Berbicara mengenai usaha sampingan di desa, biasanya banyak di lakukan oleh para pekerja tetap, yang sudah memiliki penghasilan dari kantornya. Namun mereka ingin menambah penghasilan untuk keluarga atau diri sendiri. Hal ini pun bisa kamu terapkan jika kamu sebuah karyawan atau PNS. Dengan sisa waktu yang masih cukup setelah pulang dari kantor, kamu bisa memulai usaha di desa tanpa harus mengganggu pekerjaan utama.

Rekomendasi buat kamu : Usaha Yang Berhubungan Dengan Pertanian

Usaha Sampingan Di Desa

Lalu apa saja usaha sampingan di desa? Berikut akan kami ulas tentang Usaha Sampingan Di Desa yang menguntungkan. Silakan kamu simak dan terapkan usaha sampingan ini di desa masing-masing. Dan semoga usaha sampingan kamu berjalan lancar dan sukses.

1. Usaha Sampingan Menanam Sayuran Organik

Peluang usaha sampingan di desa yang pertama adalah menanam sayuran organik lalu hasilnya kamu jual. Perlu kamu ketahui bahwa sayuran organik adalah jenis sayuran yang lebih fresh di bandingkan dengan jenis sayuran non organik yang ada di kota kota. 

Bahkan saat ini orang kota lebih memilih sayuran organik di banding non organik, karena di nilai lebih sehat dan fresh. Nah usaha sampingan di desa ini bisa menjadi peluang khusus untuk kamu yang suka dengan tanam menanam. 

Dengan usaha sampingan sayuran organik ini, kamu bisa mendapatkan hasil atau untung dari penjualan. Untuk modalnya pun tidak terlalu besar, namun untuk hasilnya atau keuntungannya kamu bisa mendapatkan banyak pundi pundi rupiah.

2. Usaha Sampingan Pangkas Rambut

Usaha sampingan di desa selanjutnya adalah membuka usaha pangkas rambut. Mungkin kamu tidak punya keahlian dalam hal mencukur atau pangkas rambut, tapi jangan khawatir. Anda tinggal menyediakan tempat untuk usaha pangkas rambut ini dan carilah orang yang ahli dalam bidang cukur mencukur.

Nah nantinya kamu bisa menjalankan sistem bagi hasil dengan orang yang punya keahlian pangkas rambut tersebut. Jadi selain mendapatkan penghasilan, kamu pun membantu orang lain untuk mendapatkan pekerjaan.

3. Usaha Sampingan Menjual Gorengan

Usaha sampingan menjual gorengan merupakan ide usaha yang sangat bagus untuk kamu yang tinggal di desa. Pasalnya selain harganya murah gorengan juga sangat di gemari oleh banyak orang. Nah kamu tinggal berjualan di depan rumah atau bisa menitipkannya di warung warung tempat kamu tinggal.

Anda bisa menjual berbagai jenis gorengan, misalnya saja : Mendoan, Bakwan, Pisang Goreng, Ubi Goreng dan masih banyak lagi. 

Untuk dapat bersaing dengan penjual lainnya, silakan kamu berinovasi dalam hal rasa ataupun bentuk. Dengan begitu gorengan yang kamu jual akan semakin laris dan di gemari oleh masyarakat sekitar.

4. Usaha Sampingan Ternak Lele

Bagi kamu yang tinggal di desa, usaha sampingan ternak lele merupakan peluang usaha yang sangat bagus. Karena usaha ternak lele tidak membutuhkan waktu banyak untuk mengurusnya, selain itu kamu juga bisa memanfaatkan pekarangan sekitar rumah untuk membudidayakan lele tersebut.

Usaha atau budidaya ikan lele cenderung lebih mudah di banding ikan lainnya seperti ikan gurameh, mujair atau nila. Pasalnya ikan lele lebih tahan terhadap cuaca apapun. Selain itu pertumbuhan ikan lele juga lebih cepat di banding ikan lainnya. Untuk pemasaran ikan lele juga lebih mudah, kamu bisa menjual hasil panen lele di rumah makan, restoran atau bisa juga ke pengepul ikan lele tersebut.

5. Usaha Sampingan Menjual Es Kelapa Muda

Usaha sampingan di desa selanjutnya adalah menjual Es kelapa muda. Bagi kamu yang tinggal di desa ada baiknya kamu mencoba usaha sampingan ini. Sebenarnya menjual es apa saja bisa laku, namun menjual es kelapa muda di desa lebih banyak di gemari oleh semua kalangan usia, baik anak-anak, remaja hingga orang tua sekaligus.

Di Indonesia buah kelapa mudah di dapatkan, apalagi jika kamu tinggal di desa pasti hampir setiap keluarga mempunyai pohon kelapa. Hal inilah yang membuat usaha sampingan menjual es kelapa sendiri mempunyai untung yang banyak.

6. Usaha Sampingan Ternak Ayam

Usaha sampingan selanjutnya adalah ternak ayam, usaha ini sangat lah cocok bagi kamu yang tinggal di pedesaan, pasalnya di desa masih banyak lahan kosong yang dapat di gunakan untuk usaha ternak ayam.

Untuk memulai usaha ini kamu tidak perlu membutuhkan modal yang besar, hal ini dapat di ukur dari kemampuan kamu sendiri. Selain itu kamu tidak usah khawatir atau bingung untuk menjual hasil panen dari ternak ayam. Kamu bisa menjual hasilnya di restoran atau rumah makan yang ada di dekat desamu. Karena di indonesia sendiri daging ayam sangatlah di minati oleh masyarakatnya termasuk mimin sendiri. hehe 

7. Usaha Sampingan Menjual Bahan Bangunan

Usaha sampingan yang terakhir adalah menjual berbagai bahan bangunan, hal ini sering kali menjadi permasalahan di desa. Pasalnya toko bangunan yang ada terkadang jauh dari desa, sehingga membutuhkan banyak biaya untuk pengiriman atau menjadi lambat karena jarak yang jauh.

Dengan adanya usaha menjual bahan bangunan di desa yang kamu kelola, bisa jadi tokomu menjadi tujuan utama bagi masyarakat atau tetanggamu yang ingin membangun rumah atau lainnya.

8. Usaha Sampingan Menjual Baju

Baju atau pakaian merupakan kebutuhan pokok yang perlu di penuhi oleh setiap orang. Maka dari itu, usaha sampingan ini akan sangat menguntungkan dan di buru oleh calon pembeli. Apalagi bagi kamu yang tinggal di pedesaan, secara umum untuk pergi ke pusat perbelanjaan akan membutuhkan waktu serta tenaga yang banyak, karena lokasinya yang jauh di tengah kota.

Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan dengan mulai membuka bisnis baju modal 1 juta seperti daster, celana kolor, baju koko atau yang lainnya. Untuk membuka usaha sampingan di desa kamu tidak perlu mengeluarkan modal yang langsung besar, cukup dengan uang 1 juta saja kamu sudah dapat membuka bisnis baju ini. Selain itu, kamu bisa menjual satu jenis baju dahulu, jika peminatnya banyak, baru tambahkan jenis baju yang lainnya.

9. Usaha Sampinga Sewa Sound System

Di daerah pedesaan masih tergolong susah untuk mencari jasa sewa sound system, maka dari itu membuka usaha sampingan untuk menyewakan sound system sangatlah menguntungkan. Karena nantinya para tetangga yang ada di desa pasti akan menggunakan jasamu untuk menyewa sound system, ketika mereka mengadakan hajatan atau pesta.

Membuka usaha sampingan sewa sound system memang membutuhkan modal yang cukup besar dengan membeli berbagai alat serta kebutuhan yang di butuhkan. Tapi sewa jasa ini akan sangat menguntungkan di daerah pedesaan, karena secara umum penduduk desa akan sering mengadakan acara seperti pesta pernikahan, hajatan dan acara lainnya.

Keuntungan Membuka Usaha Sampingan Di Desa

Dengan membuka usaha sampingan sendiri di desa, tentunya kamu dapat memperoleh keuntungan sebagai berikut :

1. Masyarakat Desa Akan Berlangganan Di Toko Tetangga

Ketika kamu menjual atau usaha sampingan di desa, tentunya para tetangga sudah mengenalmu dan mempercayaimu. Oleh karena itu jika kamu membuka usaha di desa para tetangga akan berlangganan kepadamu karena mereka sudah saling percaya.

Jangan sungkan menawarkan produk atau jasamu kepada para tetanggamu, karena mereka otomatis akan lebih mudah tertarik ketika tetangganya sendiri menjual produk atau jasa. Pasalnya mereka sudah percaya kepada tetangganya sendiri, hal ini juga lebih mudah dan efisien. mereka tidak perlu membuang waktu dan tidak perlu juga keluar kota untuk membeli sebuah barang atau produk yang kamu sendiri juga menjualnya.

2. Masyarakat Desa Tidak Perlu Repot Mencari Produk atau Barang Ke Kota

Keuntungan selanjutnya adalah penduduk desa tidak perlu repot-repot mencari barang atau produk ke pusat kota, karena hal ini dapat memakan waktu hingga mengeluarkan banyak ongkos untuk jarak yang di tempuh.

Maka dari itu kamu bisa memanfaatkan peluang ini, sehingga dapat mengatasi masalah yang ada di desa dan kamu pun dapat memperoleh keuntungan pribadi.

Itulah Usaha Sampingan Di Desa yang menguntungkan, silakan kamu pilih dan pertimbangkan usaha sampingan apa yang sekiranya cocok untuk di terapkan di desamu sendiri. Selain itu, usaha di atas juga cocok di jadikan sebagai usaha rumahan jika kamu seorang ibu rumah tangga atau orang yang suka menghabiskan waktu di rumah bersama keluarga. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu yang ingin memulai usaha sampingan di desa.