Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

10 Strategi Marketing Online Shop Yang Efektif Dan Powerfull

10 Strategi Marketing Online Shop Yang Efektif Dan Powerfull

Strategi Marketing Online Shop - Para pelaku bisnis, pasti mempunyai strategi marketing online shop sendiri, karena hal ini merupakan kewajiban untuk memasarkan suatu barang ataupun produk. Strategi marketing online shop merupakan suatu hal yang penting, pasalnya agar dapat menjual suatu produk atau jasa secara online, membutuhkan strategi marketing online yang efektif dan matang.

Dengan adanya strategi marketing online shop yang efektif dapat memudahkan kamu dalam memasarkan dan menjual produk atau jasa secara online. Apalagi di zaman yang serba canggih dan modern seperti sekarang ini, tentunya sudah banyak sekali pelaku bisnis online shop yang menerapkan berbagai strategi marketing dalam menjalankan bisnisnya. Bukan tidak mungkin juga, kamu dapat memasarkan produk ke luar negeri jika menerapkan strategi marketing yang pas dan jitu.

Pasalnya untuk membangun sebuah bisnis online, di butuh kan potret bisnis yang baik. Baik buruknya potret bisnis online, dapat mempengaruhi dalam penjualan serta keputusan konsumen itu sendiri. Maka dari itu kita di tuntut untuk selalu membangun serta menjaga potret bisnis online.

Selain di tuntut untuk membangun dan menjaga potret bisnis online, tentunya kita juga harus belajar strategi marketing online shopagar pemasaran dan penjualan suatu produk atau jasa semakin tinggi.

Apa itu Strategi Marketing Online Shop?

Strategi merupakan sebuah gabungan teknik dan rencana yang penting, untuk mencapai sebuah kesuksesan. Dengan begitu strategi marketing online adalah teknik dan rencana untuk melakukan sebuah pemasaran melalui internet.

Strategi Marketing Online Shop Yang Efektif

Berikut kami sudah merangkum tentang 10 Strategi Marketing Online Shop yang efektif dan powerfull, yang tentunya dapat memberikan sebuah gambaran dalam memasarkan produk atau barang bagi kamu, khususnya yang baru di dunia bisnis online shop.

1. Search Engine Optimization (SEO)

SEO merupakan sebuah strategi marketing online shop untuk mengembangkan bisnis melalui index Google. Jika kita memiliki website dengan artikel atau konten peringkat 1 Google, maka tentunya brand akan mudah di kenali orang ketimbang website yang ada di bawah kita.

Nah agar dapat menerapkan SEO untuk strategi marketing online shop, kamu perlu memenuhi beberapa syarat kaidah SEO. Misalnya, artikel website kamu mengandung keyword atau kata kunci yang tepat dan relevan, menanam backling, bounce rate rendah serta mendapatkan share yang tinggi.

Hal ini juga sering di sampaikan oleh pakar SEO profesional yaitu Neil Patel. Bahwa artikel atau konten yang di optimasi dengan teknik SEO akan membuat produk atau bisnis online semakin mudah di jangkau oleh konsumen.

2. Social Media Marketing

Dari sekitar 274 juta penduduk yang ada di Indonesia, 170 juta di antaranya merupakan pengguna aktif media sosial. Maka dari itu sosial media merupakan sebuah wadah yang efektif untuk melakukan strategi marketing online shop.

Terdapat beberapa platform media sosial yang populer dan sering di gunakan di Indonesia, di antanya seperti, Instagram, Twitter, Facebook, dan Tiktok. Namun untuk dapat menerapkan strategi marketing online shop yang efektif, di sosial media kamu perlu mempersiapkan segala hal. Karena algoritma di setiap media sosial itu berbeda.

Selain memilih platform media sosial yang tepat, kamu juga membutuhkan strategi content marketing yang baik. Agar konten yang di sajikan kepada target marketing dapat tersalurkan, sehingga audien mendapatkan manfaat dan akan melakukan transaksi di setiap konten yang kamu sajikan.

3. Search Engine Marketing (SEM)

Berbeda dengan SEO, jika teknik SEO di butuhkan melalui index Google secara murni. Sedangkan SEM adalah sebuah strategi marketing online shop yang lebih mudah. Pasalnya kamu bisa memasarkan produk dengan cara mengeluarkan biaya atau membayar sebuah platform berbayar Google.

Biaya yang akan kamu keluarkan untuk memasarkan sebuah produk, sangat di pengaruhi oleh keyword yang ingin di targetkan. Satu kesamaan SEM dengan SEO adalah memiliki pangsa pasar yang luas dan dapat menjangkau semua kalangan pengguna internet.

Mungkin kamu pernah mendapati banner-banner saat berkunjung ke sebuah website? Nah banner tersebut berasal dari pelaku bisnis online yang membayar atau menggunakan jasa periklanan Google.

4. Email Marketing

Email merupakan sebuah alat untuk berkomunikasi secara online yang paling sering di gunakan dalam bisnis. Maka dari itu, email marketing perlu kamu coba untuk menerapkan strategi marketing online shop.

Agar dapat menggunakan email marketing, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya banyak. Hal yang harus kamu lakukan adalah menyediakan konten dan email customer saja. Jika ingin proses email marketing semakin mudah, kamu tinggal menggunakan aplikasi otomatis yang di sediakan oleh para developer di internet.

5. Content Marketing

Content marketing merupakan sebuah strategi marketing online shop yang sering dan efektif di lakukan di media sosial. Content marketing sendiri dapat berbentuk gambar, tulisan maupun video. Untuk penerapan content marketing, kamu bisa menggunakan metode hard-selling, soft-selling atau pun sejenisnya.

Perlu di ketahui, jika kamu menggunakan content marketing sangatlah bergantung pada sebuah tren atau sesuatu yang sedang viral di media sosial dan internet. Nah kalau ingin menerapkan strategi marketing online shop ini, kamu harus mengikuti konten-konten yang sedang viral di internet dan di sukai oleh target pasarmu.

6. Social Media Ads

Social media ads adalah sebuah strategi marketing online shop yang di lakukan dengan membayar atau melakukan periklanan di platform media sosial. Contohnya seperti, Instagram ads, Facebook ads, dan Tiktok ads. Kamu bisa membayar sejumlah uang untuk mengiklankan produk atau jasamu di media sosial tersebut.

Sama seperti SEM, sistem strategi marketing online shop ini berbayar untuk mendapatkan sebuah tujuan yang ingin kamu capai. Apapun platform media sosial yang kamu pilih untuk mengiklankan sebuah produk, gunakanlah media sosial tersebut hanya untuk tujuan marketing. Selain itu, jangan lupa buatlah konten iklan yang sesuai dengan target pasarmu.

7. App Marketing

Strategi marketing online shop yang terahir, kamu bisa gunakan App marketing. App marketing adalah sebuah strategi marketing online shop yang di jalankan melalui pembuatan aplikasi. Tentunya proses ini membutuhkan waktu yang lama, tapi nantinya sistem ini akan menjadi sebuah investasi di masa mendatang. Karena aplikasi hanya di buat sekali, ke depannya tinggal maintenance saja.

Untuk dapat menggunakan app marketing sebagai strategi marketing online shop, siapkanlah dana yang cukup besar untuk development aplikasinya. Akan tetapi, biaya ini dapat jauh lebih kecil, jika kamu ingin belajar membuat aplikasi sendiri.

8. Pay Per Click (PPC)

Sesuai dengan namanya, kamu akan di kenakan sejumlah biaya setiap ada pengguna yang meng-klik iklan yang sudah kamu buat. Sekilas memang strategi marketing online shop ini terlihat sama dengan SEM dan Social media ads. 

Tapi ada beberapa platform yang menampilkan iklan PPC ini kepada audiensnya langsung. Jika kamu tertarik dengan sistem PPC, silakan baca lebih lanjut tentang situs ppc terbaik.

9. Whatsapp Marketing

Saat ini whatsapp merupakan sebuah aplikasi chat online yang paling populer. pasalnya selain mudah dan simpel whatsapp juga kaya akan fitur-fiturnya. Tidak hanya untuk chatting saja, saat ini banyak pebisnis yang menggunakan aplikasi ini untuk berjualan dan mempromosikan produk atau jasa mereka.

10. Integrated Digital Marketing

Menerapkan strategi marketing online shop secara bersamaan di sebut dengan integrated digital marketing. Jika kamu mempunyai modal dan tenaga yang cukup, tak ada salahnya untuk mencoba semua strategi marketing online shop yang sudah kami ulas di atas.

Program ini sudah di terapkan oleh berbagai perusahaan startup di indonesia, dan hasilnya tidak mengecewakan. Jadi kamu bisa tiru dengan menggunakan teknik ini untuk strategi marketing online shop.

Kesimpulan

Itulah 10 Strategi Marketing Online Shop yang efektif dan powerfull. Silakan terapkan strategi marketing online shop diatas ke dalam bisnis onlinemu. Apapun jenis strategi marketing online shop yang kamu pilih, pastikan sudah kamu pertimbangkan semua dari sisi negatif dan positifnya.