Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

9 Cara Memasarkan Produk Agar Diterima Di Masyarakat

9 Cara Memasarkan Produk Agar Diterima Di Masyarakat

Cara Memasarkan Produk Agar Diterima Di Masyarakat - Membuat produk yang diterima di masyarakat bukanlah hal yang mudah, bahkan untuk membuat suatu produk diterima di masyarakat juga adalah hal yang susah susah gampang.

Namun, masih banyak juga orang yang ragu dalam memasarkan produk mereka karena takut produk mereka nanti tidak diterima di masyarakat. Pemasaran produk agar diterima masyarakat memanglah suatu hal yang penting di zaman sekarang ini, karna dengan produk yang diterima masyarakat, para pelaku usaha akan lebih mendapatkan keuntungan. 

Dengan memasarkan produk yang notabenenya belum dikenal  oleh masyarakat  akan membuat para pengusaha harus lebih memikirkan berbagai cara agar mampu memasarkan produknya, yang tentunya memerlukan biaya yang sangat besar. 

Dalam proses pengembangan bisnis juga, kita tidak hanya memerlukan strategi pemasaran yang tepat, tapi juga harus efektif.  Para pelaku usaha juga harus mampu mengejar waktu dan memanfaatkan segala kesempatan yang ada agar dapat bertahan dalam dunia industri yang keras ini.

Tujuan memasarkan produk di masyarakat

Pemasaran dilakukan para pelaku usaha untuk bisa mengenali para calon pelanggan, sehingga memahami apa yang sedang dibutuhkan oleh masyarakat. Dengan adanya teknik pemasaran juga, masyarakat lebih diharapkan untuk mengenali produk di tawarkan oleh pelaku usaha. Dan juga dalam pemasaran suatu produk, para pelaku usaha dapat menampung saran dari para pelanggan untuk ke depannya. 

Namun ada beberapa perusahaan yang hanya memakai satu cara pemasaran dan tidak memakai cara pemasaran lain. Ada juga yang memasarkan produk menggunakan dua cara. 

Lalu, bagaimana sih cara yang benar untuk memasarkan produk agar diterima di masyarakat?

Sebelum memahami bagaimana cara memasarkan produk, alangkah baiknya kita pahami dulu yuk langkah langkah sebelum memasarkan produk agar diterima masyarakat, simak ulasannya di bawah ini.

Langkah Awal Sebelum Memasarkan Produk Agar Diterima Di Masyarakat

Terlalu bersemangat dalam membuat strategi pemasaran kadang sering menjadi penyebab dalam gagalnya pemasaran. Kita tidak perlu terburu buru dalam melakukan perencanaan dan persiapan. Langkah awal untuk melakukan strategi pemasaran adalah kunci untuk menemukan strategi pemasaran yang efektif. Adapun langkah awal sebelum memasarkan produk agar diterima di masyarakat antara lain.

1. Mempersiapkan produk

Produk apa yang ingin kalian pasarkan di masyarakat?? Apapun produknya, pastikan produk kalian memiliki kualitas dan visual yang menarik. Kualitas yang bagus akan mendorong para pelanggan membeli produk Anda secara terus menerus. Hal ini tentunya akan mengakibatkan omzet terus meningkat. Sementara visual  sendiri harus terlihat menarik untuk membuat konsumen tertarik  dan mempertimbangkan untuk membeli produk Anda, baik dari segi kemasan, kejelasan nama serta kejelasan informasi dalam kemasan.

2. Tentukan harga yang cocok

Dalam menentukan harga produk, kamu tidak perlu memaksakan untuk memberikan harga yang lebih murah dari produk yang dimiliki oleh produk pesaing. Bila ingin menentukan harga produk, gunakanlah harga pasar sebagai acuan untuk memberikan harga dalam produkmu. Tidak terlalu tinggi dan rendah dari harga pasar, pertimbangkanlah biaya produksi yang akan dikeluarkan, kualitas produk, dan pelayanan yang di berikan. Jika memang produk yang Anda tawarkan memiliki kualitas tinggi, Anda harus bisa menonjolkannya kepada para calon pelanggan agar para pelanggan tidak keberatan untuk membelinya.

3. Kenali target pasar

Untuk siapa produk Anda ditargetkan? Tentunya tidak semua orang akan cocok dan mau untuk membeli produk Anda bukan? Misalnya saja, Anda akan membuka toko perlengkapan bayi, tentu saja target dari toko ini adalah ibu-ibu yang baru saja melahirkan di daerah sekitar kalian. Tentunya perlu dilakukan riset untuk mengenali target pemasaran Anda. 

Oleh karna itu, di perlukan pengumpulan informasi sebanyak mungkin mengenai para konsumen, baik itu dari asal, kesukaan/hoby, usia, profesi, dan bahkan mengenai perangkat internet yang dipakai para konsumen. Setidaknya kalian memerlukan 2 sampai 3 informasi tentang para konsumen yang sangat akurat, agar Anda dapat memperoleh target pasar yang tepat.

4. Bangun toko di tempat yang strategis

Yang terakhir dalam hal yang perlu di siapkan sebelum memasarkan suatu produk adalah bangun toko di tempat yang strategis. Misalnya membangun  toko di tempat yang ramai atau mudah dijangkau publik, tempat semacam ini berpotensi memberikan keuntungan dari pada tempat yang sepi. Mudahnya dijangkau akan menjadi poin tambahan untuk toko Anda, karna mempermudah para pelanggan untuk datang dan membeli produk yang di tawarkan.

Cara Memasarkan Produk Agar Diterima Di Masyarakat

Itulah beberapa tujuan dan hal yang harus dilakukan sebelum memasarkan produk agar diterima masyarakat, jika Anda sudah memahami langkah awal serta tujuan memasarkan produk agar diterima di masyarakat. Sekarang kami akan berikan inti pokok dari artikel ini, yaitu Cara Memasarkan Produk Agar Diterima Di Masyarakat, simak ulasannya berikut ini.

1. Mengadakan event peluncuran produk

Mengadakan event peluncuran suatu  produk adalah tahap awal dari kemunculan produk baru. Adanya perkenalan atau launching ini bertujuan agar masyarakat lebih mengenali produk yang Anda tawarkan dalam bisnis.

Buatlah event yang menunjukkan bahwa produk yang Anda tawarkan itu benar-benar berkualitas. Hal ini bisa membuat para pelanggan lebih yakin untuk membeli produk Anda, bila Anda tidak bisa untuk membuat event secara besar-besaran, Anda bisa memulainya dari event kecil yang dapat di mulai dari media sosial dan lainnya.

2. Tingkatkan pelayanan

Perlu diingat juga bahwa pelayanan adalah salah satu hal penting dalam teknik pemasaran. Pelayanan yang di lakukan juga dapat menarik perhatian dan kepercayaan dari pelanggan. Usahakan, bila Anda ingin produk diterima di masyarakat, Anda harus memberikan pelayanan yang maksimal agar mendapatkan kepercayaan dari para pelanggan.

3. Adakan Giveaway

Giveaway adalah salah satu cara yang sangat cocok untuk Anda pakai, bila Anda ingin  produk lebih dikenal di masyarakat. Ketika Anda memberikan hadiah berupa produk kepada beberapa pelanggan itu tandanya Anda telah memancing pelanggan lainnya.

Jika produk Anda benar-benar menarik dan memuaskan, pelanggan yang mendapatkan hadiah produk itu akan merekomendasikan produk itu ke orang lain. Dengan  itu, kabar mengenai produk yang Anda tawarkan akan langsung tersebar luas. Perlu diingat, memberikan satu atau dua produk secara gratis tidak akan membuatmu rugi. Bahkan bila Anda melakukan cara yang di atas, mungkin keuntungan yang di dapatkan akan membuatmu merasa puas.

4. Beritahu informasi seputar produk

Bagaimana masyarakat akan tahu produk apa yang sedang kita jual atau tawarkan bila kita tidak mendeskripsikannya. Oleh karena itu, pelaku usaha akan terus di tuntut untuk berpikir kreatif dan inovatif. Berpikir kreatif dan inovatif ini harus di terapkan dalam pola pikir para pelaku usaha dalam menggali keunggulan dari produk.

Kemudian tuliskan dan paparkan keunggulan yang di miliki oleh produk Anda, dalam kemasan yang menarik, tuliskan informasi yang jelas seputar produk agar para pelanggan dapat membayangkan apa yang mereka dapatkan saat membeli produk tersebut.

5. Gunakan bahasa yang mudah dipahami masyarakat

Nah, di sinilah Anda harus mampu menyederhanakan bahasa yang Anda gunakan untuk menjelaskan informasi yang berkaitan dengan produk yang Anda tawarkan. Misalnya, saat berjualan skincare pemutih kulit. Mungkin tidak semua orang akan mengerti istilah istilah kosmetik seperti skincare, agar lebih dipahami oleh masyarakat. Anda bisa mengganti kata skincare menjadi krim pemutih kulit, yang bisa saja menarik lebih banyak pelanggan.

6. Tunjukan pencapaian yang pernah di dapatkan

Apakah Anda sudah pernah mendapatkan pencapaian dari produk sendiri? Jika pernah, itu akan menjadi poin plus yang bisa Anda pamerkan kepada para pelanggan. Misalnya, produk Anda pernah mendapatkan penghargaan, produk sudah terjual ribuan kali, dan masih banyak lagi. 

Dengan memiliki dan membuktikan pencapaian tersebut, Anda akan membuat para pelanggan lebih percaya dan yakin untuk membeli produk Anda. Dan juga citra dari bisnis yang sedang Anda jalankan bisa meningkat. Selain itu, konsumen yang awalnya ragu, dapat menjadi lebih yakin untuk membeli produk Anda setelah melihat dari pencapaian yang pernah di dapatkan. 

7. Memberikan sponsor dalam kegiatan masyarakat

Cara satu ini adalah cara yang paling umum dan sudah menjadi andalan bagi para pelaku usaha. Berkontribusi dalam kegiatan perlombaan, bazar dan hiburan akan menunjukkan bahwa Anda memiliki kepedulian terhadap masyarakat. Menjadi sponsor dalam kegiatan masyarakat adalah suatu cara memasarkan yang sangat menguntungkan. Sangat mungkin bagi para pelanggan untuk membayangkan produk Anda bila membayangkan event yang kamu sponsori.

8. Jangan pernah merendahkan produk orang lain

Dalam memasarkan produk agar diterima masyarakat, jangan pernah merendahkan produk orang lain untuk mempromosikan produkmu. Hal ini tentu akan memberikan kesan yang buruk bagi para pelanggan. Fokuslah untuk menunjukkan keunggulan dan kelebihan yang dimiliki oleh produkmu.

9. Buatlah brand atau nama produk yang unik

Yang terakhir untuk cara memasarkan produk agar diterima masyarakat adalah membuat brand atau merek yang dengan mudah dapat di ingat dan dikenali. Baik nama ataupun logo, jika Anda membuat brand yang menarik kemungkinan besar akan dengan mudah diterima di masyarakat. Ada banyak sekali keuntungan dalam membuat  brand ini, salah satu cara yang cocok untuk pemasaran produk baru ialah membuat slogan khusus untuk produk tersebut.

Dengan diciptakannya sebuah slogan, produk yang kita miliki akan lebih dekat dengan para pelanggan. Bagaimanapun juga, brand ini sangatlah berpengaruh besar bagi para pelanggan untuk mengambil keputusan membeli produk atau tidak.

Kesimpulan

Dalam dunia bisnis, pemasaran adalah sesuatu yang harus dilakukan untuk meningkatkan keuntungan yang di dapatkan. Oleh sebab itu, pentingnya memilih strategi pemasaran yang dilakukan agar produk yang kita tawarkan bisa diterima oleh masyarakat. 

Salah sedikit saja dalam pengambilan keputusan maka bukan tidak mungkin untuk bisnis kita mengalami kerugian bahkan kebangkrutan. Pemasaran bisa disebut sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan keberhasilan dalam penjualan suatu produk. 

Istilah pelanggan adalah raja adalah salah satu istilah yang sangat lumrah di kalangan para pebisnis. Jalin hubungan yang baik dengan para pelanggan sehingga Anda mendapatkan kepercayaan yang lebih dari para pelanggan tersebut. Mungkin itu saja yang dapat kami tulis tentang Cara Memasarkan Produk Agar Diterima Di Masyarakat, semoga tulisan ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda yang sedang memasarkan sebuah produk.