Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

7 Cara Jualan Online Di Hp Mudah Dan Praktis

7 Cara Jualan Online Di Hp Mudah Dan Praktis

Cara Jualan Online Di Hp - Ada banyak orang yang ingin berjualan Online, tetapi kebanyakan dari  mereka terkendala modal dan media untuk jualan Online. Tak usah khawatir, sekarang kamu bisa memulai jualan Online di Hp. Ya, dengan memanfaatkan Hp saja kamu sudah bisa berjualan Online, terdapat berbagai cara jualan Online di Hp yang perlu kamu coba.

Apalagi sekarang jamannya jualan Online, pasalnya kebutuhan dari ujung rambut sampai kaki bisa di temukan melalui internet. Dengan begitu kamu bisa jualan Online apa saja melalui internet.

Walaupun banyak kesempatan untuk jualan Online, tapi tidak semua orang yang memulai jualan Online akan sukses. Banyak orang yang jualan Online berhenti di tengah jalan, nah mungkin inilah yang membuat kamu sedikit takut akan memulai jualan Online.

Tapi kita percaya, bahwa sukses adalah hak semua orang. Maka dari itu kami akan memberikan tips dan cara jualan Online di Hpberikut ulasannya. 

7 Cara Jualan Online Di Hp Mudah Dan Praktis

Ulasan di bawah mengenai cara jualan Online mudah dan praktis yang bisa kamu coba untuk mulai berjualan Online di Hp. Silakan di simak !

1. Kenali produk yang mau di jual

Hal utama yang bisa kamu lakukan adalah mencari tahu nilai produk yang kamu tawarkan. Sistem ini biasanya juga di sebut dengan selling-point. Sistem ini bertujuan agar produk yang kamu tawarkan dapat mudah di ingat dan konsumen tertarik akan menggunakan produk tersebut.

Dengan begitu, kamu bisa menjelaskan tentang kelebihan produkmu. Bisa dari sisi harga yang lebih terjangkau, produk berkualitas super atau produk yang langka.

Tentunya hal ini dapat membutuhkan waktu serta proses yang lama. Maka dari itu kamu bisa menggunakan metode ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) dari kompetitor yang menjual  jenis produk yang sama denganmu. 

Tapi melihat kompetitor hanyalah sebuah gambaran, agar kamu bisa menentukan sendiri nilai dari sebuah produk tersebut. Kamu bisa menambahkan hal unik dan menarik di produkmu, yang tentunya tidak ada di dalam produk kompetitor. Sehingga, konsumen akan lebih tertarik membeli produkmu ketimbang produk kompetitor.

2. Buatlah website Online

Saat ini jualan Online di Hp bisa di lakukan dengan menggunakan marketplace, karena menggunakan marketplace selain mudah dan praktis. Kamu juga dapat langsung menjual produkmu dengan hanya melakukan pendaftaran terlebih dahulu serta upload produk di marketplace tersebut.

Selain itu, kamu pastinya sudah mengetahui, jika dalam satu marketplace terdapat banyak sekali kompetitor yang memiliki produk sejenis bukan? Dengan begitu, tingkat persaingan menjadi lebih tinggi dan ketat sekali.

Nah jika produkmu tidak mempunyai nilai plus, tentunya ini akan sangat mudah terlihat jika di bandingkan dengan produk kompetitor. Maka dari itu, untuk menghindari hal tersebut, kamu perlu mencoba untuk membuat website Online sendiri. 

Dengan menggunakan website Online sendiri, kamu dapat membangun nilai produk serta tidak khawatir dengan adanya saingan dari kompetitor lain. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan data dari para konsumen yang berkunjung di websitemu.

Nah dengan adanya data dari konsumen, tentunya hal ini dapat memudahkan kamu untuk melakukan promosi suatu produk terbaru melalui berbagai hal. Jika kamu belum tahu cara membuat website, kamu bisa menggunakan jasa pembuatan website Online.

Tapi jika kamu terhambat oleh modal yang minim, pilihan yang tepat adalah kamu dapat memanfaatkan marketplace tadi. Tapi buatlah toko Online di beberapa marketplace, yang artinya jangan memanfaatkan satu marketplace saja. Tapi cobalah gunakan semua marketplace yang ada. Dengan begitu, kamu dapat menjangkau banyak konsumen sekaligus.

3. Gunakan Google Analytic untuk data

Agar bisa memperoleh data yang tepat dan akurat sesuai karakteristik serta gerak gerik calon konsumen kamu dapat menggunakan layanan Gogle Analytic. Ya layanan ini adalah sebuah layanan yang di kembangkan oleh perusahaan besar Google.

Dengan Google analytic kamu bisa memperoleh informasi dan data calon konsumen yang berkunjung ke sebuah website Online yang sudah kamu bangun. Misalnya, berapa jumlah pengunjung website, dari wilayah mana saja calon konsumen.

Dengan data jumlah pengunjung website, tentunya kamu sudah tahu bagaimana langkah selanjutnya agar calon konsumen melakukan transaksi di websitemu. Selain itu, dengan mengetahui wilayah pengunjung, kamu dapat mengetahui minat produk apa saja, dari wilayah tersebut.

Selain itu, layanan Google analytic juga dapat memberikan banyak kegunaan selain dua contoh di atas. Untuk dapat menggunakan layanan Google analytic, di internet sudah banyak yang membuat tutorial lebih lengkap tentang cara daftar serta penggunaan Google analytic, silakan kamu cari tahu sendiri ya.

4. Membuat foto produk yang menarik

Buatlah foto produk yang bagus dan menarik, karena hal ini dapat memicu calon pembeli untuk melakukan pembelian atas produkmu. Dengan membuat foto yang menarik, nantinya juga dapat sebagai media promosi produk.

Sebagai tips saja, tonjolkanlah sebuah foto yang menggambarkan produkmu. Karena hal ini mempunyai nilai plus sendiri, dengan begitu calon pembeli dapat melihat dengan jelas produk yang kamu tawarkan.

Jika kamu belum bisa membuat foto sendiri, saat ini sudah banyak jasa foto produk di internet. Namun jika modal yang kamu miliki minim. Cobalah belajar untuk membuat foto semenarik dan unik mungkin untuk produk yang kamu jual.

5. Gunakanlah sosial media

Sudah menjadi rahasia umum, jika sosial media adalah sebuah media promosi yang paling populer. Pasalnya hampir semua orang saat ini menggunakan sosial media untuk berbagai kepentingan, mulai dari menambah relasi Online, update foto atau video, melihat berita dan lainnya.

Nah kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk promosi produk. Buatlah konten foto atau video yang menarik dan sebagus mungkin. Agar banyak yang tertarik, untuk melihat dan membeli produk yang kamu promosikan. Contoh media sosial yang dapat di gunakan untuk promosi adalah Tiktok, Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest dan lainnya.

Selain membuat konten promosi, kamu juga bisa membuat konten edukasi dan tentunya di dalamnya sudah di sisipkan dengan metode soft-selling. Dengan begitu, secara tak langsung kamu sudah memberikan konten edukasi dan juga melakukan promosi produk.

Aktif di komentar orang lain untuk melakukan promosi produk juga merupakan cara jualan Online di HP. Tapi ingat, komentarlah sesuai topik dan jangan lupa sertakan metode soft-selling agar terkesan tidak spam.

6. Manfaatkan content marketing

Untuk dapat melakukan promosi serta mengembangkan suatu produk, kamu bisa menggunakan strategi content marketing agar promosi serta pengenalan produkmu sukses di pasaran.

Apa itu content marketing? Sederhananya adalah sebuah program untuk melakukan promosi suatu produk melalui konten. Tapi konten yang di buat janganlah sembarang konten, namun buatlah konten sesuai topik produk yang akan di tawarkan.

Strategi content marketing bisa berbentuk sebuah video, foto atau blog jualan Online. Hal ini merupakan sebuah investasi jangka panjang. Apalagi jika kamu membuat konten yang bagus dan menarik, karena dapat semakin mudah di temukan oleh pengunjung.

Kamu bisa menerapkan strategi content marketing di berbagai media sosial. Dengan membuat konten foto atau video sebagus mungkin. Karena hal ini dapat menjadi daya tarik pengguna internet untuk melihat kontenmu dan bukan tak mungkin bisa membeli produkmu langsung.

Selain itu, kamu bisa menerapkan strategi content marketing melalui blog bisnis. Dan tentunya yang sudah menerapkan kaidah SEO. Karena dengan SEO sebuah konten atau blog dapat menduduki peringkat satu search engin

Perlu diketahui, jika sebuah blog bisnis yang kamu buat untuk melakukan promosi menduduki peringkat serta halaman satu sebuah search engin. Hal ini akan mendapatkan pengunjung lebih banyak ketimbang peringkat berikutnya.

7. Membuat deskripsi produk unik dan menarik

Selain membuat foto, membuat deskripsi produk juga hal yang penting untuk jualan Online. Dengan adanya deskripsi produk, dapat memberikan sedikit ulasan tentang produk yang kamu jual. Berikanlah deskripsi produk pada sebuah konten yang kamu buat, baik di video, foto maupun blog jualan Online. Karena hal ini memang sangat penting dan perlu untuk di lakukan.

Gunakanlah bahasa yang baik dan benar di dalam deskripsi, lalu jelaskan secara jelas dan berikan sebuah sentuhan rayuan, pada deskripsi tersebut agar konsumen tertarik membeli produkmu. Selain itu, mencertikan sebuah produk di deskripsi akan membuat calon pembeli mengerti serta mengetahui akan manfaat produk tersebut.

Kelebihan Jualan Online Di Hp

Jualan Online di Hp saat ini lebih banyak peminatnya di bandingkan dengan jualan secara offline. Karena jualan Online mempunyai berbagai kelebihan yang pastinya tidak terdapat di jualan secara offline. Berikut kelebihan jika kamu jualan Online di Hp.

1. Proses mudah dan praktis

Jika kamu memulai jualan menggunakan sistem konvesional, sudah tentu akan membutuhkan toko secara fisik. Beda halnya, jika jualan Online. Maka tidak perlu menggunakan toko secara fisik, cukup menggunakan bantuan marketplace atau membuat website Online.

Kemudian untuk promosi, kamu bisa memanfaatkan media sosial ataupun email marketing. Cukup menggunakan internet dan Hp, maka jualan Online di Hp bisa kamu lakukan di mana saja dan kapan saja. Apalagi jika kamu memiliki komputer atau laptop. Maka sistem jualan Online dapat di lakukan dengan mudah serta akan lebih fokus.

2. Tidak membutuhkan modal besar

Keberhasilan sebuah bisnis atau jualan Online salah satu faktornya adalah modal yang di miliki. Tapi dengan sistem jualan Online, kamu tidak membutuhkan modal yang besar. 

Apalagi sekarang sudah ada sebuah sistem dropshipp dan reseller. Keduanya mempunyai perbedaan, tapi keduanya juga akan memudahkan untuk proses jualan Online di Hp.

Sederhanaya dropshipp adalah proses jualan Online, yang dimana penjual mencari seorang pembeli. Tapi packing dan pengiriman akan di lakukan oleh supplier. Sedangkang reseller adalah sistem stock produk yang kemudian akan di jual kembali kepada konsumen. 

3. Terdapat berbagai jenis produk

Jualan Online dapat mempunyai berbagai jenis produk yang akan di jual. Pasalnya satu penjual tidak hanya menjual satu jenis produk saja. Karena jualan Online, bisa stok dan menjual berbagai macam jenis produk yang di butuh kan oleh para konsumen.

4. Jangkauan pasar lebih luas

Yang terakhir, jualan Online di Hp mempunyai target pasar yang lebih luas. Hal ini di sebabkan karena para pengguna internet sudah menyebar sangat pesat, yang terdapat di berbagai daerah dan bahkan seluruh dunia.

Di tambah lagi jika kamu melakukan promosi produk di sosial media, menggunakan sistem hastag. Tentunya hal ini, dapat di temukan oleh mereka yang bukan pengikut sosial mediamu.

Ide Produk Jualan Online Di Hp

Cara jualan Online di Hp bisa di katakan gampang tapi susah. Gampangnya adalah sistem jualan Online yang fleksibel. Susahnya, mungkin bisa terletak di persaingan yang begitu tinggi dan ketat.

Tapi sayangnya, tidak semua orang memiliki ide jualan Online di Hp. Sudah di jelaskan diatas, jualan Online tidak hanya menjual satu jenis produk saja. Para penjual bisa menjual berbagai macam jenis produk yang di butuhkan oleh calon konsumen.

Berikut kami akan memberikan ide produk jualan Online di Hp, yang laris di pasaran.

1. Jualan Online Makanan

Kamu bisa memulai jualan makanan secara Online. Apalagi saat ini sudah ada sistem Gofood maupun Shopefood, tentunya hal ini akan memudahkan jika ada konsumen yang membeli produk kita.

Selain itu kamu bisa melakukan promosi jualan Online makanan melalui whatsapp atau media sosial lain yang kamu gunakan. Buatlah foto atau video produk makanan yang menarik dan bagus yang tentunya dapat menggugah selera makan, dengan begitu calon konsumen akan tertarik untuk membeli makananmu.

2. Jualan Online Minuman Kekinian

Selain jualan makanan, kamu juga dapat jualan minuman secara Online, sama seperti jualan makanan, kamu dapat memanfaatkan sistem Gofood atau Shopefood untuk jasa kirimnya. Terdapat berbagai jenis usaha minuman kekinian, contohnya seperti jualan es boba atau jika kamu tidak ingin repot dalam hal pembuatan atau manajemen, kamu bisa bergabung dengan usaha franchise minuman kekinian. Dengan begitu tentunya akan menambah keuntungan dalam jualan Online.

3. Jualan Online Fashion atau pakaian

Produk fashion saat ini sangat di gandrungi oleh anak muda. Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkan dengan mulai jualan Online fashion. Carilah produk fashion yang saat ini sedang viral atau trending, misalnya bisnis baju modal 1 juta. Ya, hanya dengan modal 1 jutaan saja, kamu sudah bisa berjualan baju secara Online. Dengan demikian produk fashionmu, akan di cari konsumen. Dan jangan lupa lakukan promosi sesuai ulasan di atas.

4. Jualan Online Aksesoris

Aksesoris adalah sebuah perlengkapan yang di gunakan untuk melengkapi barang yang di gunakan. Sehingga menambah kesan lebih bagus saat di lihat. Terdapat berbagai macam jenis aksesoris. Misal, aksesoris pakaian, aksesoris Hp, aksesoris motor dan lainnya.

Silakan kamu pilih jenis aksesoris yang sesuai dengan minatmu untuk memulai jualan Online. Dan pastikan kamu memilih jenis aksesoris dengan target pasar yang luas dan banyak.

5. Jualan Online Gadget

Kamu pasti sudah mengetahui, bahwa era saat ini gadget merupakan sebuah alat elektronik yang sangat di minati oleh khalayak muda. Pasalnya gadget selain untuk komunikasi, bisa berguna untuk hal apapun. Mulai dari, membuat konten, jualan Online, dan lainnya.

Nah kamu bisa memanfaatkan berjualan Online gadget keluaran terbaru atau yang memiliki fitur canggih ketimbang yang lain. Untuk dapat jualan Online gadget, pastinya membutuhkan modal yang lumayan. Tapi keuntungan dari jualan gadget juga tidak boleh di remehkan. Jadi bisa di katakan sebanding dengan modalnya. 

6. Jualan Online produk kecantikan

Produk kecantikan saat ini menjadi primadona bagi setiap wanita. Pasalnya selain kemudahan pembelian produk secara Online, banyak para artis dan influencer yang memasarkan produk kecantikan tersebut.

Maka dari itu, kamu bisa memulai jualan Online produk kecantikan. Tidak usah ragu atau bimbang, potensi keuntungan dari produk kecantikan terbilang tinggi dan cukup menjanjikan.

7. Jualan Online produk herbal

Saat ini, banyak masyarakat yang mulai menyadari akan gaya hidup sehat. Hal ini berdampak pada peningkatan penjualan dari produk kesehatan herbal, yang tanpa efek samping. 

Dari data Google analytic, minat dan pencarian produk herbal lumayan tinggi. Dengan begitu, potensi untuk jualan Online produk herbal masih cukup menjanjikan.

Kesimpulan

Mungkin, dari berbagai pilihan ide produk jualan Online di atas. Salah satunya bisa menjadi ide untuk memulai jualan Online di Hp. Dengan begitu kamu tidak perlu bingung lagi memikirkan ide produk untuk jualan OnlineDi tambah lagi dengan penjelasan di atas tentang Cara Jualan Online Di Hp mudah dan praktis di terapkan. Tentunya bisa mendapatkan hasil yang memuaskan dan bisnis jualan Onlinemu semakin berkembang.