Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

6 Cara Memasarkan Produk Secara Online Yang Benar Dan Efektif

6 Cara Memasarkan Produk Secara Online Yang Efektif

Cara Memasarkan Produk Secara Online - Untuk cara memasarkan produk secara online di era sekarang ini menjadi salah satu tahapan yang sangat penting bila Anda ingin memulai bisnis. Apalagi di zaman sekarang dengan perkembangan teknologi yang kian maju. Ada beberapa cara memasarkan produk secara online yang mudah diterapkan, dan bisa dilakukan oleh siapa pun, baik itu pelaku usaha besar maupun kecil.

Di zaman serba internet ini, misalnya Anda ingin memasarkan produk makanan rumahan semakin dipermudah dengan banyaknya fitur atau fasilitas yang berbasis internet yang bisa digunakan untuk memasarkan produk secara Online. 

Dan juga kemudahan yang di dapatkan dalam mendapatkan suatu informasi dalam jaringan internet menjadi poin yang sangat penting sehingga akhirnya banyak orang yang mencari cara untuk memasarkan produknya secara online.

Tujuan Memasarkan Produk Secara Online

Pada umumnya, tujuan memasarkan produk secara online  yaitu untuk mendapatkan konsumen sebanyak banyaknya dari manapun itu. Bukan tak mungkin juga, Anda mampu memasarkan produk agar diterima di masyarakat ataupun memasarkan produk ke luar negeri, dengan manfaatkan teknologi internet saat ini. Selain itu gunakan juga jasa ongkos kirim yang lebih murah dan efektif, baik dari segi waktu tenaga maupun biaya.

Dengan melakukan pemasaran produk secara online juga mampu membuat metode yang lebih kreatif dan menarik, buatlah konten yang menarik agar produk lebih mudah di ingat dengan baik oleh para pelanggan. 

Besarnya angka yang harus dikeluarkan untuk melakukan promosi secara langsung atau offline membuat para pelaku bisnis kadang berpikir dua kali saat ingin melakukan promosi. Namun sejak adanya pemasaran online ini, masalah biaya sudah bisa diatasi.

Dan para pelaku bisnis dapat menghemat biayanya hanya dengan menggunakan laptop atau smartphone untuk melakukan pemasaran produk secara online, karena dengan menggunakan alat elektronik tersebut mampu menjangkau wilayah atau cakupan yang lebih luas.

Cara Memasarkan Produk Secara Online

Berikut kami akan membagikan beberapa tips dan cara untuk Anda yang ingin mulai memasarkan produk secara online, simak ya !

1. Tentukan produk yang akan di pasarkan

Menentukan suatu produk untuk dipasarkan bukanlah hal yang mudah, perlu dilakukan reset  untuk menemukan apa yang dibutuhkan dan diminati oleh para pelanggan. Untuk menentukan produk yang akan kamu pasarkan, terlebih dahulu kamu harus menentukan akan menjual produkmu dibidang usaha apa. Apakah makanan, kesehatan, fashion, dan lainnya. Kalau sudah berhasil menentukan produk yang akan Anda pasarkan secara online, sekarang tentukan target pemasarannya.

Contoh saja, kamu tertarik untuk membuka bisnis produk kesehatan wajah untuk remaja. Kamu bisa memulainya dengan menjual produk skincare ataupun produk produk kosmetik lainya (utamakan yang berstandar BPOM) 

2. Buatlah akun sosial media khusus memasarkan produk

Pesatnya perkembangan teknologi komunikasi di era sekarang ini, menjadikan sosial media sebagai sarana komunikasi yang cocok untuk digunakan sebagai alat untuk memasarkan produk secara online.

Hal ini tentu dapat mempermudah hubungan antara penjual dan pembeli dalam menjalin komunikasi yang cepat, mudah dan efisien. Sudah banyak platform sosial media yang bisa digunakan sebagai sarana untuk memasarkan produk yang anda tawarkan. Platform sosial media yang sering digunakan sebagai sarana pemasaran di antaranya seperti, Facebook, Instagram, Twitter, YouTube dan Tiktok.

Sebagai contoh saja, unggahlah beberapa video atau foto yang berisikan produk yang akan dipasarkan, dengan contoh caption seperti di bawah ini.

“Gimana, cakep nggak nih?! “plus emoticon senyum”. Buat kalian yang mau nyoba skincare yang aku pakai ini, kalian bisa nih cek link di Bio aku. Dijamin murah meriah!!”

Atau bisa juga seperti ini

“Wah, lihat guys!! Kaus kaki ini lembut dan bikin adem banget!! Kalian wajib punya nih, yang tertarik bisa klik keranjang kuning dipojok kiri bawah”.

3. Buatlah blog atau website

Membuat blog atau website adalah hal yang paling wajib bagi para pelaku bisnis untuk memasarkan produk secara online. Memiliki website dan blog juga ibaratkan memiliki sebuah toko tanpa harus memikirkan tempat yang strategis dan modal yang besar.

Blog bisa dibuat gratis dengan memanfaatkan platform di internet yang telah disediakan melalui websitenya yaitu Blogger, sedangkan untuk pembuatan website memerlukan sedikit biaya agar website toko Anda siap untuk memasarkan produk secara online.

4. Buatlah konten yang menarik

Ada banyak sekali cara untuk memasarkan produk secara online, kamu bisa memulai nya dari akun social media dan blog yang telah kamu buat sebelumnya. Buatlah konten konten menarik untuk kamu unggah di akun Social media kamu maupun blog atau website yang kamu miliki. 

Selain itu, kamu juga bisa mengembangkan konten di social media dengan memilih Platfrom social media yang memang banyak digunakan oleh para pelanggan. 

Setelah membagikan konten soal produk yang kamu pasarkan, kamu bisa menganalisa kembali konten seperti apa yang banyak mendapatkan respont dari para pelanggan. Sehingga kamu bisa lebih mengoptimalkan content marketing mu. 

5. Kembangkan strategi pemasaran online

Melalui langkah langkah sebelumnya Anda telah menganalisis produk apa yang akan anda produksi dan siapa target audiens Anda. Langkah berikutnya adalah merinci cara yang akan Anda gunakan untuk mencapai audiens serta tujuan Anda. 

Dan berikut adalah  strategi pemasaran online yang cocok untuk pendekatan kepada para pelanggan.

  • Personal Selling

Teknik personal selling adalah teknik paling sederhana dalam teknik pemasaran, di mana nanti para penjual akan langsung menawarkan produk yang mereka miliki secara langsung. Dalam era digital seperti sekarang ini kebanyakan para penjual lebih memilih aplikasi Whatsapp untuk mempromosikan produk mereka. 

  • SEO (Search Engine Optimization)

SEO adalah suatu proses untuk mendapatkan traffik dari hasil pencarian organik maupun bebas pada mesin pencari seperti google. SEO juga turut menentukan suatu konten dapat dikatakan berkualitas atau tidak. Konten yang memenuhi SEO juga akan menempati posisi teratas dalam hasil pencarian. Nah jika kamu mahir dalam menerapkan SEO, tentunya hal ini bisa di jadikan untuk memasarkan produk secara online.

  • Berikan potongan harga spesial

Hal ini mungkin  terkesan biasa, tapi sebenarnya memberikan potongan harga pada suatu produk adalah hal yang paling diminati oleh para pelanggan. Kemungkinan dengan memberikan potongan harga spesial, Anda dapat membawa pelanggan baru untuk membeli produkmu. Bahkan mungkin pelanggan lamamu akan tertarik membeli produkmu kembali bila produk tersebut sedang mengadakan potongan harga. Lakukan potongan harga yang menarik dan sering. Tapi ingat, tetap lakukan perhitungan untuk menghitung keuntungan dan pengeluaran dari produk Anda. 

  • Affiliate Marketing

Affiliate Marketing adalah salah satu program yang sangat efektif bila Anda ingin mendapatkan keuntungan yang sangat besar dalam waktu yang tergolong singkat dengan hasil yang besar. Affiliate Marketing  juga memiliki sistem kerja yang paling mudah di antara yang lainya, dimana kamu bertugas untuk menjual produk yang sudah ber-affiliasi kepada konsumen. Jika penjualan produk itu memenuhi target, Anda akan mendapatkan komisi seusai dengan kesepakatan di awal.

6. Lakukan promosi

Untuk meningkatkan angka penjualan, Anda harus melakukan yang namanya promosi. Ada banyak promosi yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan pemasaran produk secara online. Selain itu, promosi yang harus dilakukan adalah mengenalkan produk yang kamu tawarkan kepada banyak orang. Kamu dapat membagikannya lewat akun sosial media, menggunakan fitur ads atau iklan, dan juga bisa bekerja sama dengan orang ketiga seperti selebgram, influencer, affliate marketing, memakai jasa promosi berbayar, dan lainnya.

Manfaat Memasarkan Produk Secara Online

Terdapat manfaat memasarkan produk secara online yang wajib diketahui oleh para pelaku bisnis, simak ulasannya di bawah ini.

1. Biaya yang dikeluarkan lebih hemat

Biaya yang harus dikeluarkan secara online relatif lebih kecil dibanding offline. Misalnya saja seperti, tidak perlu sewa tempat dan lainnya. Memasarkan produk secara online di era sekarang ini menjadi salah satu tahapan yang sangat penting bila Anda ingin memulai bisnis. Apalagi di zaman sekarang dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat.

2. Dapat menjangkau pasar yang lebih luas

Bila Anda melakukan bisnis secara offline, Anda hanya bisa  memasarkan produk kepada orang orang yang tinggal di wilayah sekitar saja. Berbeda dengan memasarkan produk secara online, Anda dapat memasarkan produk lebih luas dan efektif.

Dengan memasarkan produk secara online, semua orang yang berada di belahan Indonesia bahkan dunia bisa melihat produk yang sedang Anda pasarkan. Oleh karna itu, dengan memasarkan produk secara online, Anda berkesempatan untuk mendapatkan banyak pelanggan baru yang membeli produk yang Anda pasarkan.

3. Bisnis menjadi lebih di kenal

Manfaat lainya dalam memasarkan produk secara online adalah mempermudah produk Anda agar menjadi lebih dikenal dan dicari. Anda tidak perlu repot repot untuk memasarkan produk kepada para calon pelanggan.

Semua data produk yang kalian pasarkan, bisa kalian masukan ke dalam website atau blog yang Anda miliki. Dengan begitu para pelanggan akan mudah untuk mencari tahu produk apa yang sedang Anda tawarkan. 

4. Membangun hubungan dengan para pelanggan

Memasarkan produk secara online juga bisa membuat hubungan antara penjual dan pembeli menjadi lebih interaktif. Anda bisa memanfaatkan fitur fitur internet seperti email marketing untuk memberikan informasi seputar produk Anda kepada para pelanggan sehingga mampu meningkatkan angka penjualan dari produk yang di pasarkan.

5. Bisnis menjadi lebih sederhana

Dengan adanya sistem pemasaran secara online, Anda tidak perlu lagi untuk memajangkan produk yang Anda jual secara fisik. Namun Anda hanya perlu menyediakan daftar barang dan katalog yang berisi deskripsi singkat mengenai produk yang ditawarkan. 

6. Mampu bersaing dengan perusahaan besar

Sebelum adanya teknologi komunikasi secanggih sekarang, biasanya pelaku usaha kecil atau pemula akan kalah bersaing dalam dunia bisnis, tapi tidak dengan sekarang. Tidak hanya membuat Anda mampu bersaing dengan pesaing, hal ini juga memungkinkan Anda untuk bersaing head to head dengan merek-merek dari perusahaan besar. Tapi dengan syarat, Anda harus mampu memanfaatkan dan menggunakan pemasaran yang tepat di berbagai media yang ada.

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan seputar Pemasaran produk secara online di atas, maka dapat disimpulkan bahwa banyak sekali keuntungan yang bisa di dapatkan dengan memasarkan produk secara online. Cara yang mudah dan praktis juga membuat banyak pelaku bisnis memanfaatkan platfrom internet untuk memasarkan produk secara online. 

Itulah tadi bagaimana Cara Memasarkan Produk Secara Online, sebenarnya masih banyak sekali cara atau teknik yang bisa gunakan untuk memasarkan sebuah produk secara online. Semoga tips dan cara di atas dapat bermanfaat bagi kamu yang mau memulai memasarkan produk secara online.